Diskripsi tentang : Pelatihan Pengendalian Mutu PAUD & PNF Pelatihan intensif selama lima hari ini dirancang untuk membekali para Penilik PAUD dan PNF di Kota Tangerang dengan kompetensi yang mendalam dalam pengendalian mutu pendidikan nonformal. Melalui kerjasama antara BKPSDM Kota Tangerang dan PPPPTK Bisnis dan Pariwisata, modul ini disusun oleh Mulyadi, S.Pd., seorang ahli di bidangnya. Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 14 Februari 2025 ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan inovasi para penilik dalam menjalankan tugas mereka. Hari pertama meletakkan Fondasi Kebijakan dan Pengelolaan. Sesi dibuka dengan sambutan hangat dan laporan pembukaan, dilanjutkan dengan arahan dari PJ Walikota Tangerang melalui Zoom. Peserta akan mendapatkan pemahaman mendalam mengenai kebijakan pendidikan Kota Tangerang, dengan fokus pada efisiensi, inovasi, dan program peningkatan kualitas. Sesi kedua mengupas tuntas Kebijakan dan Pengelolaan PAUD dan PNF yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang. Peran strategis penilik dalam pendidikan nonformal juga akan ditekankan. Hari pertama diakhiri dengan pembahasan Permenpan RB No. 21 Tahun 2024 terkait pembaruan data Simtendik dan tugas tambahan guru wali SMP/SMA/K sebagai penasihat akademis. Memasuki hari kedua, fokus beralih pada Memahami Kompetensi Sosial dan Kepribadian Penilik dengan narasumber dari Dit. GTK PAUD dan PNF. Sesi pertama membahas Konsep dan Urgensi Kompetensi Sosial Penilik, menekankan pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu pendidikan nonformal. Melalui studi kasus kelompok, peserta akan menganalisis penerapan kompetensi sosial dalam situasi nyata. Sesi kedua mengupas Konsep dan Urgensi Kompetensi Kepribadian Penilik, menyoroti kualitas diri, integritas, dan etika dalam menjalankan tugas. Kerja kelompok akan memfasilitasi refleksi dan strategi pengembangan diri. Hari kedua diakhiri dengan presentasi hasil kerja kelompok, tanggapan narasumber, dan diskusi interaktif. Hari ketiga membekali peserta dengan Menguasai Kompetensi Profesional Penilik bersama narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Bandung. Sesi pertama mengeksplorasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengendalian Mutu dan strategi Pendampingan Pendidikan Nonformal yang Efektif. Peserta akan terlibat dalam kerja kelompok untuk menerapkan kompetensi profesional ini. Sesi kedua membahas Penjaminan Mutu Pendidikan Nonformal, termasuk konsep, prinsip, dan peran penilik dalam siklusnya. Diskusi pada sesi ketiga akan berfokus pada penggunaan Data Rapor Pendidikan untuk PAUD dan pemanfaatan Platform Pembelajaran Online untuk berbagai jenjang PNF dalam mendukung penjaminan mutu. Hari keempat mendalami Peta Mutu dan Model Kompetensi Penilik. Sesi pertama membahas Evaluasi Dampak Program PAUD dan PNF, termasuk pengertian, sub unsur, dan studi kasus penyusunan rencana pendampingan PTK. Pengembangan Peta Mutu Program PAUD sebagai alat visual peningkatan kualitas juga akan dibahas. Sesi kedua melanjutkan dengan Peta Mutu Program Pendidikan Kesetaraan dan pembahasan mendalam mengenai Perdirjen 5540 Tahun 2024 tentang Model Kompetensi Penilik, mencakup kompetensi teknis (kepribadian, sosial, profesional) dan level penguasaannya. Sebagai penutup, hari kelima fokus pada Implementasi dan Tindak Lanjut. Sesi pertama membahas Mengelola Implementasi Kebijakan Pendidikan di tingkat PAUD dan PNF serta teknik Menyusun Laporan Kegiatan Pendampingan yang Efektif. Sesi kedua mengajak peserta untuk Menyusun Peta Mutu dengan Analisis SWOT dan pentingnya Keterlibatan Stakeholder dalam peningkatan mutu. Pelatihan diakhiri dengan penyusunan Rencana Tindak Lanjut individu dan kelompok, evaluasi pelatihan, serta penutupan resmi dan pemberian sertifikat. Melalui materi yang komprehensif dan narasumber yang kompeten, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para penilik di Kota Tangerang dalam melaksanakan pengendalian mutu PAUD dan PNF secara efektif dan inovatif, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Kota Tangerang.
Preview Dokumen