Disiplin positif adalah pendekatan pembinaan perilaku yang menekankan pada penghargaan, empati, dan pembelajaran daripada hukuman. Tujuan utamanya adalah membantu anak atau peserta didik memahami konsekuensi dari tindakannya, mengembangkan kontrol diri, dan membentuk tanggung jawab pribadi secara sadar dan bermartabat.
Berbeda dengan disiplin tradisional yang sering menggunakan hukuman sebagai alat utama, disiplin positif membangun hubungan yang hangat antara pendidik dan peserta didik, serta menciptakan lingkungan belajar yang aman, suportif, dan menghargai martabat setiap individu. Strategi dalam disiplin positif mencakup komunikasi yang efektif, pemberian pilihan yang bertanggung jawab, penetapan batas yang jelas, serta pemberdayaan siswa untuk membuat keputusan yang baik.
Melalui penerapan disiplin positif, pendidik tidak hanya membantu mengatur perilaku siswa, tetapi juga membentuk karakter, kemandirian, dan sikap saling menghormati yang berkelanjutan.
Peserta adalah Seluruh Tenaga Pendidik di Lingkungan Kota Tangerang.
![]() | 4 Materi Pembelajaran |
![]() | Akses Selamanya |
![]() | Sertifikat Kelulusan |
Kepegawaian dan ...
Seluruh pegawai dapat mempresentasikan informasi, ide dan gagasan melalui media ...
Kepegawaian dan ...
Pegawai dapat memberikan kontribusi bagi kinerja organisasi dalam pengambilan ...