Sebagai salah satu unsur administrasi umum, tata naskah dinas meliputi: pengaturan tentang jenis dan penyusunan naskah dinas, penggunaan lambang negara, logo dan cap dinas, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, pengurusan naskah dinas korespondensi, kewenangan, perubahan, pencabutan, pembatalan produk hukum, dan ralat. Dalam pandangan lainnya, Tata naskah dinas juga merupakan sarana yang cukup efektif dalam menciptakan arsip pelaksanaan tugas pemerintahan menjadi autentik, terpercaya, memiliki kepastian, dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga terwujud tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Rahmayanti Pertiwi menjelaskan bahwa naskah dinas merupakan informasi tertulis dan alat komunikasi kedinasan yang dibuat dan diterima oleh pejabat yang berwenang di lingkungan pemerintahan dalam rangka penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan. Selain itu, fungsi utama naskah dinas yaitu sebagai alat komunikasi tulis, pedoman dalam bertugas, alat bukti tertulis, sarana pengingat, cermin profesionalisme serta kualitas lembaga dan asas keamanan. Pelatihan ini memberikan manfaat kepada para peserta untuk dapat memahami konsep tata naskah dinas serta unsur-unsur dalam penyusunan tata naskah dinas yang baik.
Pengertian dan Konsep Tata Naskah Dinas |
Asas dan Persyaratan Penyusunan Naskah Dinas |
Unsur-unsur dalam Pembuatan Tata Naskah Dinas |
Seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang
3 Materi Pembelajaran | |
Akses Selamanya | |
Sertifikat Kelulusan |
Kepegawaian dan ...
Pegawai dapat memberikan kontribusi bagi kinerja organisasi dalam pengambilan ...
Pendidikan
Dengan pelatihan ini, peserta diharapkan mendapat pengetahuan ...
Pendidikan
Pada pelatihan kali ini diharapkan, sahabat pembelajar mendapatkan pengetahuan ...