Tangerang, 20 Mei 2024 – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), mengadakan kegiatan pembinaan disiplin dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang. Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat daerah, camat, sekcam, dan pegawai di lingkup Kota Tangerang serta narasumber dari Deputi BKN. Acara ini diselenggarakan secara hybrid, baik online maupun offline, yang berlangsung di Ruang Akhlakul Karimah, Puspem Kota Tangerang.

Pj Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, yang hadir dalam acara tersebut, menegaskan komitmen Pemkot Tangerang untuk terus meningkatkan kualitas ASN melalui berbagai kegiatan pembinaan dan pelatihan, terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. "Kegiatan ini untuk menekan angka pelanggaran bagi ASN jelang Pilkada. Untuk itu, ASN harus menjaga netralitas dan tidak berpihak dalam kontestasi politik," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Dr. Nurdin juga mengingatkan ASN untuk selalu menjaga disiplin dan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya. "ASN harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam hal disiplin dan profesionalisme," imbuhnya. Pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman ASN tentang pentingnya disiplin dan netralitas sehingga mereka dapat terus memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menariknya, dalam pembinaan ini juga difasilitasi oleh Tangerang Government University, yang menjadi wadah untuk webinar tersebut. Jumlah peserta yang terdaftar di Website Tangerang Government University seluruhnya pegawai PNS dan PPPK dengan total keseluruhan peserta 2.197. Dari total peserta itu, 77,29% (1.698 peserta) menyelesaikan webinar di Tangerang Government University (TGU), dengan 77,24% peserta mendapat nilai post test di atas 70. Selain itu, E-Sertifikat yang sudah terbit mencapai 1.688 E-Sertifikat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman, sebelumnya juga telah mengingatkan seluruh ASN di lingkungan Pemkot Tangerang mengenai pentingnya menjaga netralitas menjelang Pilkada 2024. "Saya kembali mengingatkan seluruh jajaran ASN, netralitas pegawai agar tidak terbawa arus politik," ujar Sekda saat menyampaikan amanatnya pada apel pagi yang digelar di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Dengan adanya pembinaan disiplin dan netralitas ini, diharapkan seluruh ASN di Kota Tangerang dapat lebih memahami dan menjalankan tugasnya dengan baik, serta tetap netral dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2024.