Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, menyambut pelaksanaan Studi Lapangan (Stula) Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) Gelombang II T.A. 2024 di wilayah Kota Tangerang, yang berlangsung di Ruang Patio, Puspem, Kamis (18/7). 

 

Dalam kesempatannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman, mengatakan, dipilihnya Kota Tangerang ini merupakan sebuah kehormatan dan pengakuan atas komitmen dan inovasi Kota Tangerang dalam tata kelola pemerintahan yang baik. 

 

“Hari ini, kita menerima kunjungan dari peserta PKA Polri, untuk melakukan studi tiru atas inovasi yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Yang mana lokusnya pada Dinas Kominfo dan Kesehatan,," ujar Sekda. 

 

Dihadapan 40 peserta Stula PKA, Sekda, mengatakan, Pemkot mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat atas inovasi yang telah dilakukan Dinas Kominfo, dengan inovasi penggunaan aplikasi Super App Tangerang LIVE. Sementara pada Dinas Kesehatan, dengan penggunaan inovasi Sekoper Semangat PHBS. Sistem elektronik penilaian perilaku hidup bersih dan sehat rumah tangga di Kota Tangerang. 

 

"Alhamdulillah, Pemkot telah dapat prestasi dan apresiasi dari Pemerintah Pusat atas inovasi terbaik dalam pelayanan publik berbasis digital. Dan ini akan dijadikan lokus bagi peserta PKA Administrasi Polri," ucapnya. 

 

Sekda, berharap, melalui kegiatan ini, para peserta dapat mempelajari dan mengadopsi berbagai inovasi dan strategi yang telah diterapkan di Kota Tangerang.  

 

“Kota Tangerang selalu terbuka untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, masukan dan saran dengan instansi lain demi kemajuan bersama. Kami yakin, melalui kolaborasi dan saling belajar, kita dapat membangun instansi yang lebih baik dan melayani masyarakat dengan lebih optimal," pungkasnya. 

 

Sementara itu, Wakapusdikmin Lemdiklat Polri, AKBP Grace K.D Rahakbau, mengatakan, dipilihnya Kota Tangerang sebagai lokasi studi lapangan karena Kota Tangerang telah diakui sebagai Kota Sangat Inovatif 2023 dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI).

 

"Kehadiran kami ke sini (Kota Tangerang) untuk melihat best practice dari pelayanan yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang. Kami tahu Kota Tangerang sudah raih Award inovasi yang luar biasa. Di mana lokus tersebut pada Dinas Kominfo dan Kesehatan. Diharapkan dengan Stula ini, mereka bisa mendapatkan ilmu serta dapat menerapkannya di seluruh POLDA di tempat mereka bertugas," tutupnya.