Pelatihan Komunikasi Efektif di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang resmi dibuka oleh Asisten Daerah I, Deny Koswara di Gedung Grha Bhakti Karya, Tangerang pada Senin (13/8/24). Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi di antara pegawai pemerintah guna mendukung efektivitas dan produktivitas organisasi.

Acara dibuka dengan sambutan yang penuh semangat, mengingatkan peserta akan pentingnya komunikasi yang jelas dan empatik dalam mendukung kinerja organisasi. Dalam sambutan Asisten Daerah I, Deny Koswara disampaikan bahwa komunikasi yang efektif tidak hanya meningkatkan hubungan internal tetapi juga berkontribusi pada pelayanan publik yang lebih baik serta penyelesaian konflik secara harmonis.

“Komunikasi yang efektif juga tidak hanya mencakup kemampuan berbicara, tetapi juga kemampuan mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. Ada beberapa poin kunci mengenai komunikasi efektif di lingkungan pemerintah, yang pertama adalah pentingnya komunikasi yang jelas yaitu membangun komunikasi yang jelas dan tepat guna untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dan antar instansi pemerintah,” ungkap Deny Koswara.

Narasumber dari BPSDM Provinsi Banten turut hadir untuk memberikan materi serta berbagi pengetahuan mengenai teknik-teknik komunikasi yang dapat diterapkan dalam konteks pemerintah. Dihadiri oleh Sekretaris Lurah 40 orang sebagai bagian dari garda terdepan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Pelatihan ini diharapkan menjadi alat transformatif yang tidak hanya meningkatkan keterampilan individu, tetapi juga memperkuat kolaborasi di antara pegawai dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” lanjutnya.

Selama pelatihan, peserta diajak untuk aktif berdiskusi, bertanya, dan berbagi pengalaman, dengan tujuan agar mereka dapat memanfaatkan ilmu yang didapat untuk meningkatkan kinerja dan kontribusi mereka di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

“Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperbaiki kualitas komunikasi dan hubungan kerja di lingkungan pemerintahan, serta mendukung pembangunan Kota Tangerang secara keseluruhan,” katanya.

Menutup pembacaan sambutan Pj Wali Kota, Deny berpesan bahwa para peserta yang merupakan Sekretaris Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dengan baik terutama dalam memberikan layanan dan menyampaikan program pemererintah kepada masyarakat

"Kuasai materi, SOP pelayanan, aturan dan visi misi kota. Terus sampaikan dan sosialisasikan program pemerintah saat berkomunikasi dengan masyarakat", pesannya.