Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, menekankan pentingnya proses perencanaan program anggaran di Kota Tangerang yang tidak hanya bersifat normatif, tetapi juga responsif terhadap berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Dr. Nurdin saat membuka kegiatan Penguatan Perencanaan Daerah yang diadakan oleh Bagian Diklat BKPSDM di Grha Bakti Karya, Modernland, pada Selasa (20/08).

Dalam sambutannya, Dr. Nurdin menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam merumuskan rencana yang efektif dan realistis. “Perencanaan yang efektif harus mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi masyarakat menjadi target-target yang jelas dan terukur,” ujar Dr. Nurdin di hadapan 40 peserta diklat yang terdiri dari fungsional perencana kota dari berbagai wilayah dan Perangkat Daerah.

Dr. Nurdin juga menambahkan bahwa target-target yang telah dirumuskan harus diintegrasikan ke dalam rencana kerja pemerintah agar dapat membawa dampak positif pada pencapaian rencana jangka panjang yang telah ditetapkan dalam RPJPD dan RPJMD. Pelatihan ini dirancang agar ASN dapat menyusun perencanaan yang relevan dengan masalah nyata yang dihadapi masyarakat dan menerjemahkannya menjadi target kinerja yang konkret untuk setiap urusan pemerintahan.

"Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, ASN akan semakin mampu menjalankan tanggung jawabnya dengan lebih baik dalam mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan oleh Pemkot," pungkas Dr. Nurdin.