Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP)

02 November 2023 00:00 WIB sd 02 November 2024 00:00 WIB

Kategori : Kepegawaian dan Pengembangan SDM
Khusus Pegawai

Perubahan pola pikir dan pola perilaku/budaya kerja ini salah satunya sangat dipengaruhi melalui mekanisme kerja yang diciptakan dalam birokrasi tersebut. Salah satu upaya teknis dalam “mengawal” bentuk perubahan pola pikir dan pola perilaku/budaya  kerja ini diwujudkan dalam bentuk penataan alur bekerja atau seringkali disebut sebagai sebuah pola prosedur kerja yang terstandar (Standar Operasional Prosedur/SOP). SOP merupakan petunjuk teknis yang tertulis yang menggambarkan dengan tepat (efektif) cara melaksanakan sebuah tugas (baik administratif ataupun teknis). Hakikat dari SOP juga adalah untuk menghindari miskomunikasi, konflik, dan permasalahan pada pelaksanaan tugas/pekerjaan. (Paparan Menpan RB-2014). Keberadaan sebuah SOP pun setidaknya dapat mengkomunikasikan  kepada publik mengenai peraturan dan persyaratan administratif yang terkait dengan bentuk pelayanan yang akan diberikan. Pelatihan kali ini bertujuan agar setiap peserta mampu memahami arti penting disusunnya sebuah SOP sekaligus mengerti bagaimana tahapan penyusunan SOP dilakukan.

Apa yang akan Saya Pelajari?

  Pengertian dan Prinsip Penyusunan SOP
  Tujuan dan Manfaat SOP Bagi Organisasi
  Jenis dan Tahapan Penyusunan SOP
5
92%
4
8%
3
0%
2
0%
1
0%

Seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang

Kursus sudah termasuk :


3 Materi Pembelajaran
Akses Selamanya
Sertifikat Kelulusan

Kursus Favorit

Webinar Pemanfaatan ...

Kepegawaian dan ...

5 JP

Kompetensi Sosial ...

Pendidikan

Dengan pelatihan ini, peserta diharapkan mendapat pengetahuan ...

3 JP

Telaahan Staf

Kepegawaian dan ...

Pegawai dapat memberikan kontribusi bagi kinerja organisasi dalam pengambilan ...

3 JP

Pelatihan Membangun ...

Kepegawaian dan ...

30 JP